May 21, 2017
93 Views
0 0

Mengenal Fenomena Social Climber, Perilaku Ingin Tampil Kaya di Media Sosial

Written by

Maraknya media sosial saat ini tentu memiliki dampak positif seperti mempermudah tali silaturahmi dengan teman yang berada di belahan dunia lain. Selain itu, kamu juga bisa ikut mendapatkan keuntungan jika memiliki usaha sendiri dan mempromosikan lewat jejaring dunia maya. Namun, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan oleh sosial media ini yaitu penyakit social climber.

 Apa Sih, Penyakit Social Climber Itu?

Penyakit social climber adalah fenomena saat perilaku seseorang ingin tampil kaya demi meningkatkan status sosial lewat dunia maya atau media sosial. Terkadang ia tidak peduli dengan lingkungan sekitar atau keadaan diri yang sebenarnya demi mengejar prestise tersebut.

Kamu pasti sering menemukan tipikal orang yang memiliki penyakit social climber ini di medsos. Tanda orang yang telah terjangkit penyakit berbahaya ini adalah suka memamerkan segala sesuatu yang dimiliki di dunia maya seperti Facebook, Path, Twitter atau Instagram. Barang-barang yang dipamerkan pun biar terlihat mahal dan mewah meski kondisi ekonomi yang ia miliki tidak sebanding dengan gaya hidup yang glamour tersebut.

Penyakit social climber sangat berbahaya sebab akan membuat orang tersebut menjadi tipe orang yang menghalalkan segala cara demi terlihat mewah dan glamour. Tidak heran banyak kasus pencurian, kecurangan, kriminalitas hanya untuk menuntut gaya hidup super mewah di sosial media ini. Wah, bisa berbahaya bagi masa depan, ya?

Jika kamu memiliki teman yang sepertinya terjangkit penyakit kejiwaan ini, maka sebaiknya kamu mulai berhati-hati jika virus tersebut menular. Rasa tidak percaya diri jika berpenampilan tanpa memakai barang branded adalah gejala awal penyakit social climber. Kamu bisa mencoba tips sederhana terhindar dari penyakit social climber yang bisa berbahaya.

 Tips Menghindari Penyakit Social Climber

Berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan kehidupan pribadi dan masa depan.

1. Menjadi diri sendiri

Sebaiknya kamu menjadi diri sendiri dan tidak perlu membohongi orang lain hanya agar terlihat mewah. Gaya hidup yang glamour akan menyusahkan diri sendiri jika tidak ada kemampuan ekonomi yang mendukung.

2. Memilih pergaulan yang baik

Terkadang penyakit social climber disebabkan oleh pengaruh pergaulan yang buruk seperti komunitas yang hobi hang out atau sering belanja ke mall. Jika kamu merasa tidak mampu mengimbangi gaya hidup mereka yang kelewat boros atau tidak sehat, sebaiknya memilih pergaulan yang baik atau meningkatkan potensimu dibanding mengikuti arah gaya hidup para social climber.

3. Memiliki motivasi tinggi

Ingin kaya itu adalah keinginan semua orang, maka sebaiknya kamu menjadikan hal tersebut motivasi untuk bekerja keras mendapatkan apa yang kamu inginkan. Bukan malah mengejar hal tersebut dengan cara-cara yang tidak baik seperti mencuri atau berbuat curang.

4. Bersyukur

Yang paling penting dalam menghindari penyakit social climber adalah pandai bersyukur. Banyak orang yang lebih menderita atau hidup di bawah garis kemiskinan sehingga kamu wajib mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan pada hidupmu.

Nah, 4 langkah sederhana tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit social climber menjangkiti dirimu. Bahaya panyakit ini bisa sangat berbahaya untuk masa depan jika kita membiarkannya menjalar di setiap sendi kehidupan.

Article Categories:
Sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.