May 15, 2017
41 Views
0 0

Jurus Hadapi Teman Penjilat Di Kantor Yang Bisa Kamu Coba

Written by

Kantor mungkin salah satu lingkungan yang sangat kompleks karena memiliki banyak karyawan dengan beragam perangai juga. Ada yang memang baik dan bertanggung jawab dengan semua pekerjaan namun ada pula yang suka menjatuhkan lho, apalagi jika ada atasan. Semoga kamu tidak memiliki rekan macam ini, ya?

Mengenal Lebih Dekat Seorang Penjilat

Kamu bisa mengenal lebih dekat seorang penjilat dari sikapnya padamu. Misal dia suka sekali menyerobot pekerjaan kamu yang bukan tugasnya lalu menjelekkan kinerjamu di depan atasan. Wah, bisa gawat dong! Biasanya rekan penjilat di kantor akan bersikap baik jika di depan kamu seolah dia adalah salah satu rekan yang terbaik. Namun, kamu harus hati-hati karena bisa saja dia mengatakan hal yang buruk di belakangmu apalagi pada atasan.

Nah, kalau kamu sudah mengenal lebih dekat seorang penjilat di tempat kerja, maka langkah selanjutnya adalah mencari cara taklukkan penjilat di kantor. Kamu tentu tidak mau atasan menegur kinerja yang kurang maksimal akibat marah atau bete dengan ulah si penjilat itu.

 Kiat Atasi Penjilat Di Tempat Kerja

Ada beberapa cara taklukkan penjilat di kantor yang bisa kamu coba agar si penjilat tidak berani lagi menjatuhkan nama baikmu di depan rekan lain atau atasan,  Berikut jurus hadapi teman penjilat di kantor yang bisa kamu coba

1. Mengajak dia bicara lebih dekat

Dengan cara bicara heart to heart, kamu bisa mencari tahu alasan dia melakukan hal seperti menjatuhkan kinerjamu di depan atasan. Tahan emosi dan selesaikan dengan baik. Jika dia sudah mengatakan alasan dan kamu bisa menerimanya dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah kamu juga menyampaikan semua uneg-uneg seperti hal tersebut tidak etis serta mengganggu kenyamananmu bekerja. Semoga hubunganmu dan rekan penjilat menjadi lebih baik setelah saling mengungkapkan kritik dan saran yang lebih terbuka, ya!

2. Diskusi dengan atasan

Jika langkah kamu menyelesaikan masalah secara pribadi tidak mendapatkan hasil memuaskan, maka kamu bisa langsung mendiskusikan dengan atasan, lho! Katakan ketidaknyamananmu dan gangguan selama bekerja dalam tim sebab kesuksesan sebuah kinerja ditentukan oleh kerja sama tim. Catat solusi yang diberikan si Bos padamu. Kamu juga bisa meminta pertemuan langsung dengan si rekan penjilat bersama atasan sehingga bisa menentukan kesepakatan bersama.

3. Hubungi bagian HRD

Wah, solusi terakhir adalah solusi yang paling jitu tapi kamu hanya boleh menggunakannya jika memang sudah tidak bisa menyelesaikan masalah yang ada. Bagian personalia akan langsung menangani masalah penjilat seperti ini asal sudah disetujui oleh atasanmu, ya!

Nah, kiat atasi penjilat di tempat kerja tersebut bisa kamu jadikan pertimbangan jika menemukan seorang rekan kerja yang memiliki sikap yang memungkinkan untuk menjadi seorang penjilat. Ingat, kamu dan dia memiliki hak untuk mendapatkan kenyamanan dalam bekerja.

Article Categories:
Kantoran

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.