Apr 8, 2017
309 Views
3 0

Jomblo Itu Bahagia, Nggak Perlu Pacaran Tetap Bahagia

Written by

Dengan alasan apa pun, jangan pernah biarkan orang lain memberitahumu kalau kamu harus punya pacar. Hanya karena kamu punya status jomblo yang nonton tv sendirian di malam Minggu, bukan berarti kamu harus pacaran. Hanya karena kamu datang sendirian ke pernikahan teman, bukan berarti kamu harus pacaran. Hanya karena sahabatmu perlu banyak waktu bersama pacarnya, bukan berarti kamu harus punya pacar juga. Semua itu cuma alasan. Jomblo itu bisa bahagia jomblo itu bisa happy…

Ya, pasti ada saat di mana kamu pengin digandeng, dikirimi pesan atau diajak makan malam. Tapi itu bukan berarti kamu butuh pacar. Kadang, merasa kesepian bisa hanya berarti kamu butuh teman, dan tidak semua pacar adalah teman. Nggak ada teman yang akan menyelingkuhimu seperti kalau pacar selingkuh. Ya, mungkin kamu kesepian, tapi merasa kesepian bukan berarti kamu nggak bahagia. Mungkin kamu punya terlalu banyak waktu senggang dan nggak bisa menghabiskan kuota internet atau pulsa teleponmu setiap bulan, tapi apa itu artinya kamu perlu pacar? Pernah nggak sih orang yang percaya kalau setiap orang perlu punya pacar agar bisa menjadi “utuh” membayangkan kalau kita bisa menjadi utuh sendirian? Dan kalau kita sendiri, kita bisa benar-benar utuh dengan lebih cepat?

Dengar, daripada bangun Sabtu pagi untuk makan di tempat yang pacar kamu nggak alergi, kamu bisa bangun dan brunch dengan teman, atau bahkan makan di rumah . Daripada seharian ngikuti pacar kamu melakukan hal yang dia suka, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu suka sendiri—seperti nonton film yang kamu suka, mencuci, ke gym, membaca buku, apa pun, tanpa harus mempertimbangkan kebutuhan orang lain. Ya, mungkin beberapa orang bilang semua itu adalah aktivitas yang egois, tapi orang-orang itu juga yang percaya kalau kamu perlu orang lain untuk melengkapimu.

Orang-orang itu akan seumur hidupnya mencari pelengkap mereka, dan itu terlihat lebih egois dalam skema besar, jujur saja. Mungkin ada beberapa orang yang punya pacar dan membaca ini berpikir “tapi kan nggak selalu begitu,” dan terkadang mungkin memang tidak. Nanti, setelah beberapa tahun, saat kamu membaca di satu tempat, dan pasangannya menonton sepak bola lalu menyadari kamu bisa hidup dengan tenang melakukan apa saja sendiri sehingga tidak perlu pasangan untuk melakukan apa pun.

Semua itu berujung pada pertanyaan, untuk apa mereka di sini? Kekosongan apa yang mereka isi dan bagaimana dia menghalangimu untuk tumbuh? Atau untuk beberapa bulan, bahkan tahun, kamu akan bangun sendiri dan keluargamu akan mengasihanimu dan teman-temanmu akan membatalkan rencana karena “kamu nggak akan paham mengenai hubungan seperti ini,” lalu suatu saat kamu akan membantu temanmu memperbaiki hatinya setelah berpisah dan menunjukkan sisi terang dunia.

Intinya, kamu tahu ada sisi terang.Jadi, nanti, kalau ada orang yang memberitahumu kamu perlu punya pacar, ingatkan mereka kalau hubungan terpenting di dunia ini adalah hubungan dengan diri sendiri. Kamu nggak akan mencintai atau membenci orang lain seperti kamu mencintai atau membenci dirimu. Salam Jojoba ( Jomblo – Jomblo Bahagia )

Article Categories:
Jomblo

Comments to Jomblo Itu Bahagia, Nggak Perlu Pacaran Tetap Bahagia

  • wah masak sih

    ando April 8, 2017 12:49 pm Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.