Apr 2, 2017
548 Views
1 1

Mamud, Ini Lho Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Yang Nyaman dan Aman

Written by

Cara Menggendong bayi muda atau baru lahir untuk pertama kalinya biasanya sangat menakutkan bagi para ibu ibu baru, bukan hanya anda yang gugup, bayi anda pun merasakan hal yang sama karena ia terbiasa dibuai lembut dan aman dalam rahim. Sensasi yang dirasakan bayi akibat pemindahan posisi akan membuat bayi terkejut.

Apalagi jika bagian kepalanya tidak disangga dengan benar. Bayi sering menunjukkan rasa takutnya dengan gerakan refleks, Untuk itu, demi keselamatan bayi dan kenyaman anda, diperlukan teknik menggendong yang terasa aman bagi anda berdua, jika sudah terbiasa menggendong bayi, anda akan menemukan teknik paling aman dan nyaman.

 

Berikut ini beberapa tahapan cara menggendong bayi yang baru lahir :

  1. Tunjukkan diri anda terlebih dahulu sebelum menggendong bayi,Kontak yang dilakukan sebelum mengendong penting agar bayi tidak tekejut. Dengan anda mengajaknya berbicara, bercanda atau melakukan kontak mata dengan bayi tersebut.
  2. Saat mengangkat, susupkan tangan ( satu tangan dibawah kepala dan leher, satu lagi di bawah bokong) Anda kebadan bayi yang tergeletak dalam tempat tidur. Dengan melakukan hal seperti itu, bayi akan memiliki kesempatan menyiapakan diri untuk berpindah dari tempat tidurnya menuju tangan anda
  3. Susupkan tangan lebih dalam sehingga lengan anda bisa menyangga dan mendukung kepala serta bokong bayi. Gunakan tangan terakhir untuk menahan tungkai anda.
  4. Perlahan angkat bayi mendekati tubuh anda. Akan lebih menyenangkan bayi jika anda mengangkat sambil membujuknya.
  5. Bayi muda senang, jika anda menggendongnya dengan wajah menghadap ke bawah. Cara menggendong seperti berikut .saat bayi terlentang, susupkan tangan anda kebawah bayi,dengan menopang kepala dan dadanya, balikkan tubuh bayi menghadap ke bawah, lalu angkat. Saat ia melihat –lihat suasana dibawah, biarkan pipi dan dagunya menempel pada lengan bawah anda.
  6. Untuk meletakkan bayi kembali, pegang bayi dekat dengan tubuh anda, sementara anda membungkuk ke tempat tidur atau meletakkan bayi.

 

Article Categories:
Cewek

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.